Perencanaan dan Keuangan

Serapan Anggaran per Tahun

Serapan Anggaran adalah merupakan suatu dokumen publikasi yang menggambarkan kondisi keuangan dari suatu organisasi yang meliputi informasi mengenai pendapatan, belanja dan aktivitas. Setiap mata anggaran memberikan informasi mengenai apa yang hendak dilakukan dalam beberapa periode yang akan datang termasuk dalam hal efisiensi dan efektitas penggunaan anggaran. Pembahasan Penyerapan Anggaran ini berada di Kegiatan Penyebarluasan informasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD)  melalui Program Kerjasama Informasi dan Media Massa yang difungsikan dengan tujuan agar terwujudnya pemerintahan yang Good Gooverment dan Clean Goverment melalui data dan informasi yang diberikan kepada dan dapat diakses oleh publik.

Data Sektoral

Apa itu DATA SEKTORAL ?

Data Statistik Sektoral adalah statistik yang pemanfaatannya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan instansi pemerintah tertentu dalam rangka penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan yang merupakan tugas pokok instansi yang bersangkutan. Pembahasan Data Statistik Sektoral ini berada di Kegiatan Penyusunan Data Statistik Sektoral  melalui Program Pengembangan Data/Informasi/Statistik Daerah yang difungsikan dengan tujuan agar terwujudnya pemerintahan yang Good Gooverment dan Clean Goverment melalui data dan informasi yang diberikan kepada dan dapat diakses oleh publik.

Data Statistik Sektoral Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Paser tahun 2019 dapat anda akses di link berikut : download.

Indikator Kinerja Utama

Apa itu IKU ?

Indikator Kinerja Utama (Key Performance Indicator) atau IKU adalah ukuran keberhasilan dari suatu tujuan dan sasaran strategis organisasi. Tujuan Penetapan Indikator Kinerja Utama yaitu:
1.  Untuk memperoleh informasi kinerja yang penting dan diperlukan dalam menyelenggarakan manajemen kinerja secara baik
2.  Untuk memperoleh ukuran keberhasilan dari pencapaian suatu tujuan dan sasaran strategis organisasi yang digunakan untuk perbaikan kinerja dan peningkatan akuntabilitas kinerja

Indikator Kinerja Utama Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Paser tahun 2016-2021 dapat anda akses di link berikut : download.

LAKIP/LKJiP

Apa itu LAKIP ?

Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah adalah media akuntabilitas yang dapat dipakai oleh instansi untuk melaksanakan kewajiban kepada pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholder). Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) adalah sebuah laporan yang berisikan akuntabilitas dan kinerja dari suatu instansi pemerintah untuk pemerintah daerah tingkat kabupaten/kota. Yang dimaksud instansi pemerintah adalah satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Satuan kerja perangkat daerah (SKPD) adalah suatu unit kerja pemerintah yang diberikan hak dan tanggung jawab untuk mengelola sendiri administrasi dan keuangan.

Penyusunan LAKIP berdasarkan siklus anggaran yang berjalan yaitu 1 tahun. secara lengkap memuat laporan yang membandingkan perencanaan dan hasil dalam penyusunan suatu kegiatan belanja, dibuat suatu masukan yaitu besaran dana yang dibutuhkan, hasil yaitu sesuatu hasil atau bentuk nyata yang didapat dari dana yang dikeluarkan. Pembahasan Laporan Akuntabilitas Kinerja Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia ini berada di Kegiatan Penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKJiP) melalui Program Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan Keuangan yang difungsikan dengan tujuan agar terwujudnya pemerintahan yang Good Gooverment dan Clean Goverment melalui data dan informasi yang diberikan kepada dan dapat diakses oleh publik.

Fungsi LAKIP : 

1.  Suatu media hubungan kerja organisasi yang berisi data dan informasi
2.  Wujud tertulis pertanggungjawaban suatu instansi kepada pemberi wewenang dan mandat
3.  Media akuntabilitas setiap instansi pemerintah, merupakan bentuk perwujudan kewajiban menjawab yang disampaikan kepada atasannya/pemberi wewenang yang ahirnya bermuara kepada presiden untuk selanjutnya menjadi pertanggungjawabankepada masyarakat
4.  Media informasi, tentang sejauh mana penerapan prinsip-prinsip good govermance termasuk penerapan fungsi-fungsi manajemen secara benar diinstansi yang berasangkutan. Salah satu fugsi manajemen adalah pelaporan yang dapat dijadikan alat untuk evaluasi diri sendiri guna menentukan fokus perbaikan kinerja berkesinambungan yang harus dilakukan

Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKJiP) Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Paser tahun 2018 dapat anda akses di link berikut : download

Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKJiP) Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Paser tahun 2017 dapat anda akses di link berikut : download 

Pakta Integritas

Apa itu PAKTA INTEGRITAS ?

Pakta Integritas (PI) merupakan dokumen yang berisi pernyataan atau janji kepada diri sendiri tentang komitmen melaksanakan seluruh tugas, fungsi, tanggung jawab, wewenang dan peran sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan kesanggupan untuk tidak melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme..

Tujuan dari pada PAKTA INTEGRITAS adalah untuk memperkuat komitmen bersama dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi; menumbuhkan keterbukaan dan kejujuran serta mempelancar tugas yang berkualitas, efektif dan akuntabell dan termasuk untuk mewujudkan pribadi yang bertanggung jawab dan bermartabat.

Pakta Integritas (PI) Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Paser tahun 2020 dapat anda akses di link berikut : download.

Pakta Integritas (PI) Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Paser tahun 2019 dapat anda akses di link berikut : kosong.

Perjanjian Kinerja

Apa itu PERJANJIAN KINERJA ?

Perjanjian Kinerja (PK) adalah lembar/dokumen yang berisikan penugasan dari pimpinan instansi yang lebih tinggi kepada pimpinan instansi yang lebih rendah untuk melaksanakan program/kegiatan yang disertai dengan indikator kinerja. Melalui perjanjian kinerja, terwujudlah komitmen penerima amanah dan kesepakatan antara penerima dan pemberi amanah atas kinerja terukur tertentu berdasarkan tugas, fungsi dan wewenang serta sumber daya yang tersedia. Kinerja yang disepakati tidak dibatasi pada kinerja yang dihasilkan atas kegiatan tahun bersangkutan, tetapi termasuk kinerja (outcome) yang seharusnya terwujud akibat kegiatan tahun-tahun sebelumnya. Dengan demikian target kinerja yang diperjanjikan juga mencakup outcome yang dihasilkan dari kegiatan tahun-tahun sebelumnya, sehingga terwujud kesinambungan kinerja setiap tahunnya.

Tujuan dari pada PK :
1.  Sebagai wujud nyata komitmen antara penerima dan pemberi amanah untuk meningkatkan integritas, akuntabilitas, transparansi, dan kinerja Aparatur
2.  Menciptakan tolok ukur kinerja sebagai dasar evaluasi kinerja aparatur
3.  Sebagai dasar penilaian keberhasilan/kegagalan pencapaian tujuan dan sasaran organisasi dan sebagai dasar pemberian penghargaan dan sanksi
4.  Sebagai dasar bagi pemberi amanah untuk melakukan monitoring, evaluasi dan supervisi atas perkembangan/kemajuan kinerja penerima amanah
5.  Sebagai dasar dalam penetapan sasaran kinerja pegawai

Rencana Kerja

Apa itu RENJA ?

RENJA/Rencana Kerja SKPD adalah dokumen perencanaan SKPD untuk periode 1 (satu) tahun yang memuat kebijakan, program dan kegiatan pembangunan baik yang dilaksanakan langsung oleh pemerintah daerah maupun yang ditempuh dengan mendorong partisipasi masyarakat.  Pembahasan Penyusunan dan Evaluasi RENJA SKPD ini berada di Kegiatan Penyusunan RENJA OPD dan Kegiatan Evaluasi Renja OPD melalui Program Perencanaan Pembangunan Daerah yang difungsikan dengan tujuan agar terwujudnya pemerintahan yang Good Gooverment dan Clean Goverment melalui data dan informasi yang diberikan kepada dan dapat diakses oleh publik.

Dokumen Evaluasi Renja OPD Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Paser tahun 2019 dapat anda akses di link berikut : download.

Rencana Strategis

Apa itu RENSTRA ?

RENSTRA/ Rencana Strategis adalah suatu dokumen Perencanaan yang berorientasi pada hasil yang ingin dicapai dalam kurun waktu 1-5 tahun sehubungan dengan tugas dan fungsi SKPD serta disusun dengan memperhitungkan perkembangan lingkungan strategis. Pembahasan Penyusunan, Evaluasi dan Review Renstra ini berada di Kegiatan Penyusunan Renstra OPD dan Review dan Revisi Renstra melalui Program Perencanaan Pembangunan Daerah yang difungsikan dengan tujuan agar terwujudnya pemerintahan yang Good Gooverment dan Clean Goverment melalui data dan informasi yang diberikan kepada dan dapat diakses oleh publik.

Rencana Strategis Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Paser dapat anda akses di link berikut : download.

Kumpulan Surat Keputusan